Cara Menghitung Skor UTBK 2024

Cara Menghitung Skor UTBK
Cara Menghitung Skor UTBK - Mungkin Anda masih berpikir kalau penilaian UTBK SNBT itu sama seperti ujian di sekolah dan jawabannya jelas berbeda guys.

Karena biasanya jawaban salah dihitung skor 0 dan jawaban benar dihitung skor 1 kalau dalam ujian sekolah.

Meskipun sebenarnya sampai saat ini belum ada informasi resmi dari panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) selaku tim penyelenggaran UTBK SNBT mengenai sistem skor nanti, tetapi hal berbeda justru sudah mulai terlihat dalam penilaian UTBK SNBT.

Tetapi, berkaca dari tahun 2022 kemarin bahwa ada beberapa sistem dan cara menghitung skor UTBK SNBT yang perlu Anda ketahui dan kami akan membagikan informasinya pada artikel ini.

Sistem Penilaian UTBK SNBT

Cara Menghitung Skor UTBK
Sistem Penilaian UTBK SNBT
Sebelum membahas tentang cara menghitung skor UTBK, maka informasi pertama yang akan kami bagikan dan harus Anda ketahui adalah sistem penilaian UTBK SNBT.

Item Response Theory (IRT) adalah sistem penilain yang digunakan pada UTBK-SNBT 2022 lalu.

Pastinya Anda sudah tahu apa itu IRT? IRT adalah sebuah sistem penilaian yang digunakan sebagai alat untuk mempertimbangkan skor akhir per butir soal yang berhasil diperoleh oleh para peserta tes sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Jika pada sistem penilaian biasa besaran skor spesifik yang tetap pada semua soal yang berhasil terjawab akan langsung diberikan, namun IRT akan menentukan skor akhir yang tersebut berdasar tingkat kesulitannya.

Karena perbedaan tingkat kesulitan setiap soal dari tingkat keberhasilan peserta tes dalam menjawab soal bisa diketahui oleh sistem IRT secara otomatis.

Misalnya, skor yang akan ditetapkan untuk soal tersebut akan menjadi lebih kecil dan begitu pun sebaliknya jika ada satu soal yang dijawab benar oleh peserta.

Sementara implementasi IRT dalam menentukan skor akhir yang bisa peserta UTBK-SNBT dapatkan pada setiap soalnya berlangsung dalam 3 tahap sederhana yaitu sebagai berikut:

1. Tahap Pertama: Deteksi Jawaban Benar dan Salah

Pada tahap pertama, mengelompokkan jawaban milik para peserta tes berdasar kebenarannya akan dilakukan oleh sistem penilaian.

Pihak panitia UTBK-SNBT akan memberi poin 1, ketika jawaban peserta tes adalah benar.

Lalu, peserta tes akan mendapatkan nilai 0 untuk jawaban yang salah.

Kemudian panitia UTBK-SNBT bisa lanjut ke tahap kedua, dari pemisahan jawaban yang benar dan salah tersebut.

2. Tahap Kedua: Deteksi Kesulitan Soal dengan Sistem IRT

Pada tahap kedua, untuk menentukan tingkat kesulitan yang dimiliki oleh setiap soal maka sistem IRT mulai digunakan.

Karena tingkat kesulitan tersebut nantinya bisa ditentukan oleh sistem IRT yang mengacu pada banyak atau sedikitnya peserta tes yang mendapatkan skor 1 dalam setiap soal yang dikerjakan para peserta.

3. Tahap Ketiga: Penentuan Bobot Nilai Akhir per Soal yang Berhasil Dicapai

Pada tahap ketiga, skor akhir maksimal yang bisa diperoleh para peserta tes dari setiap soal yang dikerjakannya dengan benar akan ditentukan oleh panitia UTBK-SNBT.

Perlu diingat juga bahwa skor maksimal yang diperoleh oleh setiap peserta pada setiap soal akan berbeda.

Maka skor akhir per satu soal yang akan didapatkan oleh para peserta tes juga akan semakin besar, jika soal yang didapatkan semakin sulit dan peserta berhasil menjawabnya dengan benar.

Cara Menghitung Skor UTBK

Cara Menghitung Skor UTBK
Cara Menghitung Skor UTBK
Nah, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui cara menghitung skor atau nilai UTBK setelah sistem penilaian UTBK SNBT diketahui.

Karena informasi ini memiliki keterkaitan yang harus diketahui oleh semua peserta tes jika mereka ingin mendapatkan nilai atau skor yang tinggi.

Selain itu, rata-rata skor UTBK inilah yang nantinya akan Anda gunakan untuk mendaftarkan diri ke PTN sesuai dengan pilihan masing-masing.

Walaupun hingga saat ini tim SNPMB PTN belum secara resmi merilis informasi tentang cara menghitung rata-rata skor UTBK 2024.

Namun Anda tetap bisa memperkirakannya dengan berkaca apada pelaksanaan UTBK tahun 2022 lalu.

Sedangkan nilai rata-rata skor UTBK bisa dihitung dengan cara membagi jumlah skor dengan jumlah komponen jenis soal pada UTBK 2022 lalu.

Jadi, Anda bisa menggunakan rumus yang akan kami bagikan di bawah ini jika ingin memperkirakan nilai rata-rata skot UTBK SNBT 2024 nanti.

Untuk cara menghitung skor UTBK yaitu sebagai berikut:
  • Nilai TPS = Nilai yang terdiri dari 4 komponen jenis soal diantaranya (PU, PPU, KMBM, PK) setelah itu dibagi 4.
  • Nilai LPM = Nilai dari 3 komponen jenis soal terdiri dari (Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran Matematika) kemudian dibagi 3.
  • Tapi, Anda bisa coba memantau laman resmi SNPMB PTN untuk memastikan perhitungan nilai rata-ratanya nanti guys.

Cara Melihat Skor UTBK

Cara Menghitung Skor UTBK
Cara Melihat Skor UTBK
Setelah cara menghitung skor UTBK, maka informasi selanjutnya yang perlu juga untuk diketahui dan dipelajari adalah cara untuk melihat skor UTBK.

Karena skor UTBK juga perlu untuk dilihat setelah kita berhasil menyelesaikan tes atau ujian.

Akan tetapi, tim panitia SNPMB PTN belum mengumumkan secara resmi prosedur pengumuman hasil UTBK 2024 hingga saat ini.

Tetapi dengan belajar atau berkaca dari pelaksanaan UTBK di tahun sebelumnya, maka Anda dapat mengakses atau melihat hasil skor UTBK SNBT melalui laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Untuk mengakses situs tersebut, maka Anda wajib mempunyai akun SNPMB dan menyelesaikan proses pendaftaran diri sebagai peserta UTBK-SNBT 2024 melalui situs yang sama.

Sedangkan pendaftaran dibuka per 23 Maret s.d. 14 April 2024, jadi pastikan Anda tidak ketinggalan guys.

Nantinya Anda bisa mengecek skor akhirnya pada tanggal 20 Juni 2024, setelah resmi terdaftar sebagai peserta UTBK-SNBT 2024 dan hadir menyelesaikan tes.

Anda juga harus memastikan jika akses koneksi internet yang memadai pada tanggal tersebut sudah dimiliki, hal ini bertujuan agar Anda bisa langsung mengetahui skor akhir UTBK-SNBT yang didapatkan.

Selain itu, Anda juga wajib mencetak sertifikat agar bisa menggunakan skor UTBK tersebut untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di kampus terpilih.

Sementara cara mencetaknya adalah dengan mendownloadnya melalui situs Portal SNPMB dan pastikan bahwa Anda mencetak sertifikat digital tersebut, ya.

Anda juga bisa memantau secara berkala melalui situs snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk regulasi atau informasi resmi lebih lanjut.

Karena informasi resmi dan terbaru akan selalu diberikan oleh pihak panitia UTBK-SNBT 2024 melalui laman tersebut, termasuk perihal cara melihat skor UTBK serta informasi penting lainnya.

Poin Penting Penilaian IRT Terkait Skor UTBK

Cara Menghitung Skor UTBK
Poin Penting Penilaian IRT Terkait Skor UTBK
Jika membahas tentang cara menghitung skor UTBK, maka ada informasi lain yang tak boleh dilewatkan.

Informasi penting tersebut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan yaitu poin penting penilaian IRT terkait dengan skor UTBK.

Dengan mengetahui poin penting ini, maka Anda bisa menjawab soal-soal yang diberikan dengan lebih baik sehingga bisa mendapatkan skor yang tinggi.

Untuk poin penting penilaian IRT terkait dengan skor UTBK yaitu sebagai berikut:
  • Bobot skor yang akan diperoleh oleh masing-masing peserta di tiap nomor soalnya kemungkinan akan berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan dari setiap yang diberikan soal.
  • Tingkat kesulitan soal tidak ditentukan di awal namun akan ditentukan setelah semua ujian selesai berdasarkan berapa banyak peserta yang menjawab benar/salah di nomor soal tertentu.
  • Metode skor minus untuk jawaban yang salah tidak digunakan dalam sistem penilaian UTBK.

Tips Mengerjakan Soal dengan Sistem Penilaian IRT

Cara Menghitung Skor UTBK
Tips Mengerjakan Soal dengan Sistem Penilaian IRT
Setelah mengetahui cara menghitung skor UTBK, maka informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah tips dalam mengerjakan soal dengan sistem penilaian IRT agar mendapatkan skor yang tinggi.

Ada beberapa tips atau strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengerjakan soal-soal UTBK yang menggunakan sistem penilaian IRT ini guys dan akan kami bagikan informasinya pada uraian ini.

Untuk tips mengerjakan soal dengan sistem penilaian IRT yaitu sebagai berikut:
  • Jangan pernah ragu untuk mengisi semua soal karena nilai minus tidak ada dalam sistem penilaian IRT.
  • Anda bisa menggunakan strategi khusus seperti metode eliminasi untuk menebak opsi jawaban yang tingkan kemungkinan salah paling besar. Karena peluang untuk memilih jawaban benar akan semakin besar, jika opsi jawaban yang tersisa semakin sedikit.
  • Untuk mengejar skor tinggi, Anda tidak perlu memperkirakan tingkat kesulitan soal atau memberi alokasi waktu lebih di tipe soal-soal sulit, karena bobot tingkat kesulitan soal baru akan ditentukan setelah pengecekan ke semua peserta dilakukan dan tidak ditentukan berdasarkan tipe soal.

Skema Penilaian IRT

Cara Menghitung Skor UTBK
Skema Penilaian IRT
Agar informasi yang Anda dapatkan lebih lengkap, maka kami tidak hanya membahas tentang cara menghitung skor UTBK saja namun kami juga akan membahas tentang skema penilaian IRT.

Yang perlu diketahui, sistem penilaian IRT ini lebih mengutamakan karakteristik dari tiap soal, jadi semakin sulit soal yang berhasil Anda jawab maka bobot skor yang bisa Anda dapatkan juga akan semakin tinggi jika.

Selain itu, sistem penilaian ini juga tidak hanya mempertimbangkan jumlah soal yang berhasil dijawab dengan benar atau salah, namun sulit atau tidaknya suatu soal juga dijadikan bahan pertimbangan.

Tetapi, bobot skor untuk setiap butir soal baru akan ditentukan jika panitia sudah selesai melihat respons peserta setelah ujian selesai.

Dengan menggunakan sistem ini, maka panitia seleksi atau tes dianggap dapat membedakan kemampuan setiap peserta dengan baik.

Sehingga diharapkan perguruan tinggi bisa mendapatkan calon mahasiswa yang benar-benar teruji dan memiliki kemampuan akademis yang baik karena dilihat dari hasil seleksi SNBT.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara menghitung skor UTBK dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.

Ada satu hal penting yang harus Anda ketahui dalam pelaksanaan UTBK-SNBT jika terdaftar sebagai peserta tes, yaitu harus memahami sistem penilaian atau cara menghitung nilai UTBK dengan baik.

Karena sistem penilaian menggunakan Teori Respons Butir atau yang juga dikenal dengan Item Response Theory (IRT) sudah mulai diterapkan oleh tim seleksi UTBK sejak tahun 2018 lalu.

Sementara di tahun 2017 ke belakang, Teori Tes Klasik masih digunakan oleh sistem penilaian SNBT dimana pada sistem penilaian ini skor 4 akan diberikan terhadap jawaban benar, skor negatif satu (-1) akan diberikan untuk jawaban salah dan jika tidak menjawab maka akan mendapatkan skor nol (0). Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Budi Gunadi Praktisi teknologi dan games. Senang berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar teknologi dan games.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Skor UTBK 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel